Mengapa Facebook Ads Tidak Berjalan


Mungkin sobat pernah buat iklan facebook tapi tidak berjalan, ya kan Sob?

Perlu sobat ketahui bahwa Facebook marketing merupakan pangsa pasar yang luas untuk menjalankan bisnis sobat. Banyak orang atau brand tertentu memanfaatkan facebook ads dengan pertimbangan : 


  • Pasar lokal dan global yang luas 
  • Biaya iklan yang cukup murah 
  • Traffic tertarget 
  • Banyak pengguna aktif 
  • Mudah dijalankan

Nah, mungkin sobat pernah buat iklan FB Ads nsmun tidak berjalan. Percumakan kita keluarkan budjed yang besar namun tidak berjalan dengan baik. Dan disini saya mau jelaskan penyebab dari tidak berjalannya iklan FB Ads sobat.

1. Persaingan pada audience yang sama 



Pengiklan lain juga menargetkan audience yang sama dengan kita. Bisa jadi pesaing kita memasang bid tinggi atau gunakan auto CPM. Alhasil, facebook akan mengutamakan mereka dulu.Facebook menayangkan iklan pesaing dengan bid tinggi lebih dulu. Kita dengan bid rendah berpotensi ketinggalan. Tapi bid tinggi belum tentu CTR tinggi. Cara mengatasi persaingan ini :
 

  • Buat iklan yang berkualitas dengan CTR tinggi
  • Spesifikan audience

2. Nilai Budget harian terlalu rendah 



3. Nilai Bid rendah

Analisa iklan yang kita pasang, jika bidnya terlalu rendah sobat bisa naikkan sedikit demi sedikit. 



4. Jenis Ads yang digunakan

Jenis iklan berbeda kecepatan berjalannya juga berbeda. Iklan New Ads yang paling lambat karena pemasang iklannya banyak. untuk mempercepatnya gunakan autoCPM dan ingat kontrol budget sobat. Ads yang paling cepat berjalan adalah Sponsored Post.


5. Payment Failed / Gagal Bayar

Jangan sampai terjadi gagal bayar di facebook, sediakan saldo yang melebihi budget iklan sobat. Payment Failed akan memberikan reputasi buruk bagi history account sobat.

6. Usual Activity

Sebagai pengguna facebook habiskan waktu lebih banyak di akun profil sobat bukannya di facebook ads manager. Lakukan aktivitas sewajarnya. Jika sobat lebih banyak di facebook ads manager maka facebook curiga sobat hanya ingin memasang iklan saja.

Mulailah facebook ads sobat dengan budget minimal terlebih dahulu. Jika sobat sudah mencoba facebook ads, mendapat hasil dan akan terus memperbanyaknya untuk mendapat jumlah konversi yang lebih banyak. Perlu diingat facebook ads lebih cepat persetujuannya jika menggunakan tools dan produk facebook daripada diluar facebook, misalnya : facebook fanpage, event, aplikasi, games, postingan facebook dan semua yang menjadi milik domain facebook.com.

Kebanyakan bisnis yang menggunakan facebook ads melakukan kesalahan karena terlalu berfokus pada jumlah fans yang dihasilkan iklan tersebut. Padahal yang paling penting berapa banyak penjualan yang sobat dapat hasilkan dari iklan tersebut. Oleh karenanya arahkan traffic ke halaman website sobat yang banyak menghasilkan penjualan.

Jika sobat mulai berpikir tentang marketing melalui facebook ads, maka mulailah bereksperimen dengan iklan sobat. 


Moga ini bermanfaat dan bisa membantu sobat ya dalam beriklan di facebook Ads, Amin.

About The Writer

Zulfikar

Template yang bertema Media Sosial dan Sangat cocok untuk Blog yang memiliki banyak Post dan Blog Monetize karena pengaturan Iklan yang sangat mudah di Template ini.

Related Posts